-->

Planologi Event To Adventure Tahun 2020



 

            Planologi Event to Adventure atau yang biasa disingkat dengan PETA adalah Acara wajib dan rutin yang di adakan setahun sekali oleh Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau.
Keberangkatan Panitia dan Peserta Planologi Event To Adventure
            Kegiatan ini merupakan kegiatan pembinaan dan juga pengkaderan mahasiswa baru, pada kegiatan ini ditanamkan jiwa kebersamaan dan kekeluargaan yang sangat erat antara mahasiswa baru, panitia, Senior, alumni dan Dosen. Acara ini rutin  dihadiri oleh Ketua Prodi Perencanaan Wilayah dan kota, Ibu Puji Astuti, S.T, M.T dan juga dosen-dosen yang mengajar di PWK UIR.
Kegiatan Planologi Event To Adventure juga dihadiri Oleh Ketua prodi Perencanaan Wilayah dan kota, Ibu Puji Astuti, S.T, M.T, dosen-dosen yang mengajar di pwk uir, dan juga senior dan alumni.

             PETA 2020 ini di adakan di Desa Empat Balai, Kecamatan Bangkinang Barat, Kabupaten Kampar yang diawasi langsung oleh kepala desa setempat. Acara ini berlangsung selama 3 hari, mulai dari 28 Februari – 1 Maret 2020. Pada kegiatan ini, peserta PETA juga diajarkan untuk bersikap disiplin terhadap waktu.  Karna planner merupakan seorang perencana yang baik oleh karna itu kedisiplinan akan waktu harus menjadi point yang paling penting dalam diri seorang planner.
Kegiatan Planologi Event To Adventure selama 3 hari di Desa Empat Balai, Kecamatan Bangkinang Barat, Kabupaten Kampar

PETA 2020 memiliki tema PEDESTRIANISASI (Pengabdian Terkait Pembuatan Peta Administrasi), jadi kegiatan ini menghasilkan produk peta administrasi bagi Desa Empat Balai yang sebelumnya belum memiliki peta administrasi sendiri, tetapi ini hanya sebagai acuan saja karena produk peta administrasi tersebut dibuat oleh mahasiswa/i PWK UIR yang masih belajar dalam pengerjaannya. Yang sangat menarik dari kegiatan PETA 2020 ini, ada kegiatan pelatihan penggunaan Perangkat GPS, jadi setiap peserta menggunakan perangkat GPS yang digunakan untuk mencari titik lokasi hiking.
            Selain Pelatihan dan Penggunaan Perangkat GPS, Peserta dan Panitia juga mendapat pelatihan penggunaan drone, yang langsung di latih oleh pilot drone yang pastinya sudah memiliki sertifikat, artinya pilot drone yang di hadirkan di acara PETA 2020 ini bukan kaleng kaleng yaa, hihihi. Oiyaa, Pilot drone yang mengisi materi di acara  PETA 2020 ini merupakan mahasiswa dan juga alumni dari pwk uir, keren banget yaa pwk uir menghasilkan pilot drone yang sangat handal dan berpengalaman. Ga rugi dong yaaa mahasiswa baru masuk di PWK UIR.
            Disamping kegiatan Pelatihan GPS dan Drone, para peserta dan panitia juga mendapatkan materi terkait organisasi yang disampaikan langsung oleh senior alumni, yaitu bang Djuanda. Materi yang disampaikan sangat jelas dan juga mudah dipahami oleh peserta dan panitia. 
Pelatihan dan Penggunaan Perangkat GPS bagi Peserta dan Panitia dalam penggunaan drone

            Selain penyampaian materi untu peserta, Pada PETA 2020 ini ada penyampaian materi untuk panitia juga loh.. Materi yang disampaikan adalah materi persiapan terkait Kerja Praktek atau biasa di kenal dengan singkatan KP. Materi tentang KP ini disampaikan langsung oleh dosen senior PWK UIR, yaitu Bapak Ir. Mardianto Manan, M.T. dan juga Bapak Faizan Dalilla, S.T, M.Si. Jadi bukan hanya peserta yang mendapat ilmu dan pembelajaran pada acara ini, tetapi panitia juga.

 
Penyampaian Materi dari dosen PWK UIR terkait KP (Kerja Praktek)

            Puncak dari Acara PETA 2020 ini adalah penyalaan api unggun yang sangat besar yang di rangkai seperti menara. Pada keesokan harinya juga di akhiri dengan penyerahan Peta Administrasi Desa Empat Balai yang langsung diserahkan oleh Wakil Ketua Prodi, Bapak Muhammad Sofwan, S.T, M.T dan didampingi oleh HIMPLAN kepada Kepala Desa yang bertempat di kantor desa setempat.
Acara puncak Planolpgi Event To Adventure dan penyerahan Peta Administrasi Desa Empat Balai yang langsung diserahkan oleh Wakil Ketua Prodi kepada Kepala Desa

       
            Acara PETA 2020 ini diakhiri dengan pengukuhan peserta PETA 2020 secara simbolis dengan penyerahan PDH Himpunan. Dengan disematkannya PDH himpunan kesalah seorang peserta, maka Peserta PETA 2020 yang notabene merupakan mahasiswa baru sudah resmi bergabung dengan keluarga Himpunan Mahasiswa Planologi, dan juga sudah resmi menjadi mahasiswa di jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota.
 
Pengukuhan peserta PETA (Planologi Eevnt To Adventure) 2020

0 Response to "Planologi Event To Adventure Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel